Pengalaman pertama bikin SIM C

halo bang, mas, tan, mbak, neng.. yang belom pernah bikin SIM.. yok kita bikin sim. nih gue ceritain dikit pengalaman gue yee..

oke jadi gue sebenernya udah lama diceramahin sama ortu disuruh bikin sim c. tapi gue selalu ngilang ngilang kalo disuruh.. nah kebetulan hari itu adalah hari dimana masa masa setelah Ujian Nasional. yang dimana gue nganggur berat dirumah gak ngapa ngapain. kena lah itu semprot lagi. yaudah gue ngeloyor jalan ke samsat dki yang berlokasi di citraland sonoan sonoan lagi. yaitulah gatau gue alamatnya.. ngeloyor sendiri naek kopaja.. eh penuh kopaja.. dan gue lupa samsatnya dimana. dan gak keliatan juga dalem kopaja saking penuhnya. berbekal insting. gue mencoba turun dari pepesan kopaja. saat.. eaa.. turun deng. apadah... nah. gue buka gugel maps. gue ketik "taman lawang"... eh bukan.. "samsat dki" maksud gue.. eh bener kelewat. gue jalan kaki dah udah kaya musafir kece. untung ga jauh..

sampe deh depan samsat. depan gerbangnya maksud gue. kan kampret mesti jalan lagi kedalem.. pas mau kedalem ada yang jualan alat tulis. berhubung gue cuma bawa pensil. yaudah gue beli pulpen. 2000 kalo gak salah. gue bayar 5000. trus kata dia seribunya gak ada. yaudah deh gue ikhlasin. udah kepanasan soalnya. et baru mau jalan lagi. ada bapak bapak nanya "mau bikin sim dek?". dalem ati gue "yaiyalah bang, masa mau kayang di samsat". lalu gue jawab "iya..." trus langsung dia jebret harga "700 deh dek. udah rapih semua. tinggal foto". dalem hati lagi "anjir main jebret ajaa..". terus gue jawab "engga bang makasih..". roman nye kayak mau bikin sim jujur ya. padahal mah cari yang murahan.

oke lanjut cerita gue kedalem. bah, luas kali ini tempat. disana gedung, disono gedung, disonoan lagi lapangan. trus gue langsung aja ke gedung samsatnya. gatau apa apa tuh. pas didepan ditanyain oknum polisi "ini nya mana?" *nunjuk berkas cek kesehatan mata orang yang mau kedalem*. "emang pake gituan ya pak?" *polos mode on*. "iyaalaah! sana kesana dulu cek kesehatan mata, nanti baru balik lagi kesini" *nunjuk gedung putih*. oke gue ngeloyor lagi balik badan. trus cek kesehatan mata yang sangat sebentar. nah balik lagi deng ke gedung biru. diperjalanan banyak banget yang bilang "mau dibantu?" ya mau lah... kalo murah. hahaha. oke galucu.

nyampe deng gue didalem. pelanga plongo... sendirian...  trus gue bingung kemana dulu. nanya deh petugas didalem yang pasti oknum polisi. "pak, mau bikin sim c baru kemana dulu ya?" trus bapaknya nanya balik. "kamu cari siapa" dalem ati gue "mana da gue kenal orang sini. apalagi kenal polisi" karna liat muka gue bingung dia langsung ngasih tau suruh beli formulir dulu sama beli apalagi dah gitu pokonya abis duit 100+.. nah udah dapet formulir. ngisi deng.

dalam pengisian formulir. disinilah gue ketemu temen barengan. gak temen juga sih. mas barengan. abang barengan. ya apalah itu karna dia lebih tua 6 taun. haha dan tampang gue tua. jadi dia juga merasa kaya nemu temen. namanya bang sidiq. supel orangnya. asik. alhamdulillah sesuatu ketemu barengan. kata dia "yaudah bareng aja ya. gue juga baru" nah aasik deh ada barengan. gue ga planga plongo sendirian. bedua planga plongonya. haha oke galucu.

akhirnya sampe pengumpulan formulir. nah pas itu temen gue yang itu di tawarin sama oknumnya. dia bilang 450 satu orang udah bersih lah. tapi ttep ikut tes dsb. gue pikir murahan lah daripada 700. lagian kalo diitung itung sama formulir juga gak sampe 700. mending gue ambil ajalah daripada dipersulit. cape jugaa.. setuju deh tuh gue berdua jadi 900. abis itu disuruh ikut tes teori keatas. berlangsung cukup cepat dan mudah. lanjut ke tes praktek di lapangan. nunggu lamaa buat dipanggil. nah.. tes lah tuh orang pertama. lalu gagal. ngulang dua minggu kesitu lagi. nah pas orang kedua. petugasnya ngumpulin kita "kalian mau gak jalan pintas aja" trus pada bilang "mau lah pak!!" "yaudah kumpulin aja buat uang makan saya seikhlasnya" dalem ati gue "asik nih polisinya. huehehe" yaudah gue kepelin 10,000.. langsung kertas gue di tanda tangan. dan LULUS. uwih mudah sekali ketika uang berbicara.

lanjut ke foto dan cek data. awal awal petugasnya lelet banget. eh diganti. nah ini baru cepet. kayaknya yang tadi pengganti deh. udah foto. lanjut nunggu pengambilan sim.. jadi deng. sim c. 5 taun. ditilang mah ditilang kalo melanggar. tapi alhamdulliah belom jangan sampe.

oke dan itu gue dateng jam 9 dan baru selesai jam 3. pake jalan pintas aja lama. apalagi yang jujur. ngulang lagi ngulang lagi. belom lagi oknum oknumnya kurang ramah. ramah sama yang beduit aja. kadang gue mikir. pantes polisi gendut gendut. duit rakyat mengalir deras di kantongnya. mau yang legal maupun ilegal. kayaknya kalo yang resmi itu pasti dipersulit. gak aneh kalo sebagian masyarakat gak suka sama polisi.
perjalanan pulang yang pasti gue berterima kasih sama Allah, bang siddiq, dan orang tua yang udah ngasih duit 600.

hari itu melelahkan tapi memuaskan. karna akhirnya punya sim juga.
oke jadi itu aja ceritanya. jadi siap mental sama badan sama dompet kalo mau bikin sim. karna bakal campur campur. jangan main ambil kalo ada yang nawarin. kbay.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer